2007-07-19 13:21:59

PRESS RELEASE JFC-6 (INDONESIA VERSION)

JFCC – JEMBER FASHION CARNAVAL COUNCIL

Dynand Fariz Centre
Gunung Batu Permai Blok. A No. 1 B Jember
Telp. 0331 – 321000
Fax. 0331 – 321001
E – mail: jfc@jemberfashioncarnaval.com
Website: www.jemberfashioncarnaval.com
Contact Person: Iwan ( 08155927290 ) ; Hendy ( 08123455679 )


PRESS RELEASE JFC – 6


Minggu, 5 Agustus JFC ( Jember Fashion Carnival ) memasuki penyelenggaraan keenam. Satu visi ke depan telah dicanangkan untuk menjadikan Jember sebagai “The World Fashion Carnival” City. JFC tidak saja diharapkan menjadi milik Jember, tetapi juga milik Indonesia bahkan dunia. Tema utama kali ini “Save Our World” ynag berorientasi pada trend dunia: Human, Vegetal, Mineral dan Imagination.

Dengan konsep 4 E ( Education, Entertaintment, Exhibiton dan Economic Benefit ) sekitar 450 peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum mendapatkan in house training cuma-cuma yang meliputi Fashion Runway, Fashion Dance, Dance, Singing, Fashion Trend, Make-Up & Hair Style, Basic Fashion Design, Accessories, Presenter, Majorette dan Event Organizer.

Keunikan JFC adalah:
1.Peserta ( bukan designer, bukan model, bukan dancer ) merancang dan memperagakan sendiri kostumnya. Mereka berkarnaval di atas catwalk berupa jalan raya sepanjang 3,6 km dengan gerakan Fashion Runway, Fashion Dance dan formasi defile.
2.Ajang kompetisi peserta dalam memperebutkan Best Costume, Unique Costume, Best Performance, Best Accessories, Best Make-Up & Hair Style, Best Dancer, Best Singer, Best Presenter, penghargaan tertinggi JFC award dan penghargaan lainnya.
3.Tema tiap tahunnya selalu berubah sesuai dengan perubahan Trend Fashion Dunia.
4.JFC adalah Fashion Show yang diselenggarakan di luar ruangan dan disaksikan oleh 150 ribu orang lebih dari segala lapisan.
5.Fashion Show dengan catwalk terpanjang di dunia.




“Save Our World” dipresentasikan dalam 8 defile antara lain:
1.Borneo ( Opening Defile “ Welcome to Indonesia ).
Eksotika pesona alam, budaya, suku-suku serta tradisi masyarakat Borneo terancam oleh kerusakan dan kepunahan, tergerus invasi budaya luar sebagai akibat perkembangan peradaban manusia. JFC mengajak semua pihak untuk melestarikan dan mengangkat kembali citra Borneo sebagai salah satu bagian dari budaya kuat Indonesia.
2.Prison.
Narapidana penjara internasional yang sedang menunggu hukuman tembak mati, sangat tragis dan dramatis. Himbauan kepada semua negara di dunia agar narapidana diperlakukan dengan baik dan dilindungi hak asasinya.
3.Predator.
Mengadaptasi mahkluk mengerikan yang menjadi pemangsa mahkluk lainnya. Himbauan untuk melindungi mereka yang lemah atas eksploitasi berlebihan mereka yang kuat.
4.Undercover.
Profesi pekerja bawah tanah seperti pekerja tambang batu bara, emas, nikel, dan lainnya. Pesan yang ingin disampaikan adalah utamakan keselamatan pekerja tambang dan jangan korbankan kelestarian alam dan lingkungan.
5.Amazon.
Khususnya habitat hewan dan tumbuhan yang mulai langka di Amazon yang harus segera dilindungi agar terhindar dari kepunahan.
6.Chinese Opera.
Opera dengan cirikhas budaya Cina tahun 1300-1400 Masehi. Cerita dan penokohannya, serta gaya pementasannya dengan kkostum yang unik dan etnik menginspirasikan JFC untuk mengangkatnya ke dalam konsep Fashion Carnaval.
7.Anime.
Dunia memerlukan pemimpin yang baik. Hal tersebut direfleksikan oleh tokoh-tokoh film kartun Jepang dalam membela kebenaran.
8.Recycle
Bumi semakin dipenuhi oleh benda buangan berupa limbah yang dapat membahayakan kelangsungan kehidupan. Dampak negatif tersebut dapat dikurangi dengan mendaur ulang benda organik dan non organik menjadi benda yang mempunyai nilai guna kembali.


Terimakasih kepada semua pihak dan rekan media yang mensupport kami selama ini, sehingga event ini dikenal masyarakat luas melalui antara lain: Konggres Internasional di Bandung, Pawai Budaya di Istana Negara, Kuta Carnival, Bali Fashion Week dan Kutai Kartanegara Parade.



 

 

 

 

Jember Fashion Carnaval :: Official Website